Selasa, 31 Desember 2013

Kecelakaan Lalu Lintas pada Jalan dengan Perlintasan Kereta Api Sebidang



                Di tahun ini, kian ramainya kecelakaan yang terjadi pada perlintasan kereta api sebidang. Kecelakaan yang terjadi  antara moda angkutan darat dengan kereta api  sangatlah fatal. Hampir sebagian besar korban yang ditimbulkan mengalami luka berat bahkan sampai menyebabkan kematian.   
Penyebab kecelakaan tersebut paling sering disebabkan oleh kelalaian dari pengemudi kendaraan

.  Kelemahan manusia jika sudah mengendarai lebih dari batas kemampuannya dengan batas waktu maksimal rata-rata pengemudi yaitu 8 jam akan menyebabkan lelah dan mengantuk. Pengemudi yang sudah mengantuk akan menerobos palang buka tutup jalan sehingga akhirnya menimbulkan kecelakaan maut.
                Oleh karena itu, saya mempunyai pendapat jika sebelum mendekati perlintasan kereta api sebidang, dibuat “Rumble Strip” supaya pengemudi yang dalam kondisi mengantuk, terbangun oleh karena hentakan antara kendaraan dengan jalan yang disebabkan oleh “Rumble Strip”. Baiknya Rumble Strip diletakkan dengan jarak sekitar min 50 m dari perlintasan kereta api supaya pengemudi bisa mengambil ancang-ancang untuk membuat keputusan pada keadaan yang dihadapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar