Senin, 30 Desember 2013

Identifikasi Masalah pada APILL Dengan Countdown Timer



            APILL atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas adalah perangkat elektronik yang menggunakan isyarat lampu yang dapat dilengkapi dengan isyarat bunyi untuk mengatur Lalu Lintas orang dan/atau Kendaraan di persimpangan atau pada ruas Jalan. (UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; Bab 1 Pasal 1 : 19) .

Menurut saya, APILL dengan menggunakan perangkat countdown timer memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, pengemudi bisa mengetahui lama waktu untuk dari lampu merah dan hijau sehingga para pengemudi bisa memperkirakan kendaraannya jika akan berhenti pada saat lampu menyala dari hijau ke
kuning dan merah serta berjalan pada saat merah ke hijau.  Selain itu, ada juga kekurangannya jika APILL dalam keadaan menyala merah, dan timer menunjukkan waktu akan menyala hijau, ambil saja contoh timer sudah mendekati angka 1, belum angka 1 pun kendaraan sudah mulai berjalan. Hal seperti ini sering saya lihat pada APILL yang terdapat countdown timernya.  Pengemudi yang melanggar APILL sangat membahayakan bagi pengguna jalan lainnya.

Melihat kondisi seperti ini, saya mempunyai masukkan pendapat yaitu pada saat timer menunjukkan angka “7” , angka pada timer tersebut bisa diganti dengan tulisan “Siap-Siap Lampu Akan Menyala Hijau” sehingga pengemudi diharuskan menunggu sampai lampu menyala hijau. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar