Minggu, 27 Oktober 2013

Penyebab Parkir Ilegal dan Solusinya

Tahukah anda kalau parkir sembarangan di Indonesia apa sanksinya ?
Di Jakarta, mobil yang diparkir sembarangan di jalan bisa kena sanksi berupa pencabutan pentil ban dan dipasangi stiker sebagai tanda bahwa kendaraannya parkir sembarangan. Dinas Perhubungan terus berupaya mengurangi kemacetan dengan menjalankan operasi cabut pentil kendaraan yang parkir liar. 
Penyebabnya antara lain seperti terbatasnya lahan parkir, bertambahnya volume kendaraan tiap tahunnya,
jadi secara otomatis butuh lahan parkir yang lebih luas. 
Solusinya memberikan kebijakan parkir seperti membatasi durasi lamanya setiap kendaraan untuk parkir dan menaikkan tarif parkir tiap jamnya , serta membuat sistem parkir "Mechanical Parking System PSH".



Namun di Lithuania, konsekuensi parkir sembarangan jauh lebih besar: mobil akan dilindas panser! 
Walikota Vilnius, Arturas Zuokas mengatakan, di Ibokota Lithuania tersebut banyak mobil mewah—Ferrari, Mercedes Benz, dan Rolls Royce—parkir tak sesuai aturan. “Cara yang paling ampuh adalah menggunakan tank (panser-red),” tukasnya.

Sebuah video yang diunggah di situs Youtube memperlihatkan, Arturas Zuokas mengendarai panser melindas sebuah Mercedes Benz yang parking sembarangan di pinggir jalan. “Ini yang akan terjadi bila Anda parkir sembarangan,” katanya setelah membuat Mercy tersebut gepeng. Pada dasarnya, Walikota Vilnius, Arturas Zuokas ingin menyampaikan pesan bahwa mobil mahal sekalipun tidak dapat parkir sembarangan karena itu ILEGAL.

Bisa tidak y jika kebijakan seperti di Ibokota Lithuania diterapkan di Indonesia ? Yang pasti kalau masyarakat Indonesia bakalan DEMO sampai kebijakan itu DIHILANGKAN !! 



Sumber gambar + video         :
http://www.youtube.com/watch?v=V-fWN0FmcIU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar