Minggu, 20 Oktober 2013

Transportasi Busway (Bus Rapid Transit)


Transportasi busway (Bus Rapid Transit) di Indonesia dikembangkan untuk mempermudah manusia untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain. Busway juga telah dibuatkan jalur khusus yang hanya bisa digunakan oleh busway untuk menghindari kemacetan dan juga mempersingkat waktu perjalanan. Kenyataanya, di Indonesia penggunaan jalur busway belum bisa digunakan secara efektif. Seperti gambar diatas, ada kendaraan yang menggunaka lajur khusus busway sebagai aternatif mereka dengan alasan untuk menghindari kemacetan. Memang kemacetan di Indonesia khusunya di kota Jakarta sudah sangat tinggi dikarenakan pengguna kendaraan pribadi semakin bertambah tiap tahunnya. Masyarakat di Indonesia lebih banyak menyukai berkendara dengan kendaraan pribadi daripada transportasi umum, kenapa ? Sebagian besar fasilitas-fasilitas transportasi umum di Indonesia tidak layak dan tidak nyaman. Seperti halte bus di Jl Raya Kembangan Selatan di daerah jakarta sudah tampak rusak parah



Selain itu, tindak kejahatan di dalam busway pun pun sering terjadi, seperti pencopetan dan yang paling sering penumpang bus dihipnotis samapai-sampai mereka tidak sadar lalu tertidur, bangun-bangun ternyata barang mereka sudah ludes diambil  sehingga masyarakat merasa resah dan lebih memilih kendaraan pribadi. Di samping itu, sering juga terjadi pelecehan seksual kepada penumpang busway  khususnya wanita.

              Solusi dari saya, sebaiknya jalur busway dibuat
agar tidak bisa dilewati oleh kendaraan lain selain busway dengan cara membuat median jalan pada jalur busway dengan pasir pada contoh gambar di bawah ini.








Selain itu, khusus untuk jalur busway dibuat “all green” semua APILL atau traffic light yang akan dilalui busway menyala hijau, sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan. Semua fasilitas kendaraan umum diperbaiki supaya penumpang merasa nyaman. Memberikan keamanan yang cukup, paling tidak setiap bus dan halte diberi 1 petugas keamanan. Cukup sekian tulisan kali ini, kiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar