Sabtu, 12 Oktober 2013

Jembatan Penyeberangan Orang di Indonesia

Hai sahabat bloggers, selamat datang kembali di blog KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN. Pada kesempatan kali ini, saya membahas tentang Jembatan Penyeberangan Orang di Indonesia.

Tahukah anda apakah fungsi dari dibuatnya jembatan penyeberangan orang  atau yang disingkat dengan nama JPO ? Tentu saja sebagai fasilitas pejalan kaki untuk menyeberang jalan jika volume kendaraan yang lewat sudah terlalu padat dan tidak bisa lagi menggunakan alternatif zebra cross.
Lantas apakah anda pernah menemui atau melihat penyalahgunaan JPO di Indonesia ? Sangat banyak, dan hampir setiap hari kita temui. Apa sajakah penyalahgunaanya ? Sering kita lihat banyak pedagang kaki lima yang memanfaatkan JPO sebagai lapak mereka berjualan. Sama seperti di trotoar yang juga banyak pedagang kaki lima berjualan. Selain itu, ada juga sepeda motor yang menggunakan JPO sebagai jalan alternatif mereka untuk menyeberang. Jalan pintas dianggap pantas ? Salah! Tidak disiplinnya pengguna sepeda motor sangat meresahkan pejalan kaki.  Apakah dampaknya bagi pejalan kaki ?

Pejalan kaki akan sulit untuk melakukan perjalanan karena fasilitas mereka disalahgunakan. Waktu perjalanan mereka akan terhamabat dan adanya rasa ketidaknyamanan. Sangat perlu dilakukan upaya penertiban pada kejadian tersebut, dan juga penegakkan hukum supaya mereka yang menyalahgunakan fasilitas pejalan kaki jera. Bagaimanakah sikap kita jika bertemu dengan orang yang melanggar tersebut ? Sebisa mungkin kita menasihati orang tersebut bahwa perbuatannya salah dan telah melanggar hukum, serta telah merebut hak dari pejalan kaki.
Sekian tulisan singkat dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan jika banyak kesalahan dalam penulisan ini kiranya para pembaca dapat memberi saran pada tempat komentar di bawah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar